Sabtu, 25 Februari 2012

Taman Lebih Eksotis dengan Pencahayaan

LAMPU bukan hanya penerang di kala malam, namun sudah berkembang menjadi penambah nilai estetika sebuah taman. Beragam model dan gaya lampu dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Sama seperti perkembangan fashion yang selalu up to date dan berganti mode, tren penerang atau lampu juga mengalami hal serupa. Bukan hanya dijadikan sarana penerangan, lampu di sini juga berfungsi menambah nilai estetika taman pada malam hari. Sama seperti fungsi lampu hias pada umumnya yang bisa disesuaikan dengan desain serta besarnya area taman.

Bukan hanya rumah,taman pun sudah tak bisa lepas dari sistem penerangan. Taman bergaya tropis yang luas maupun minimalis akan sangat berarti jika pelengkap penerangannya terpenuhi dan pas. Ragam gaya lampu hias serta bentuk pencahayaannya akan sangat memengaruhi keeksotisan bagian luar rumah.

Arsitek Priandono Nur Hadi menegaskan, keberadaan lampu taman bisa menjadi pilihan untuk mewujudkan keromantisan. Lampu taman merupakan elemen penting dalam menciptakan suasana yang tak hanya asri, indah, tapi punya nilai estetika yang tinggi.

Pada dasarnya, lampu taman tidak hanya mengambil bagian penting dalam memberikan cahaya atau membantu penerangan ketika Anda berjalan di taman pada malam hari. Dengan banyaknya peran serta fungi lampu taman, ragam model lampu taman pun selalu berkembang mengikuti tren gaya taman.
Dengan tidak mengesampingkan fungsinya sebagai pemberi cahaya pada taman, ragam desain lampu tetap memberikan keindahan dan nilai estetika dari cahaya lampu.

Beragam bentuk dan model lampu taman dapat dipilih sesuai kebutuhan. Apalagi saat ini banyak ragam bentuk lampu hias yang bisa membantu memberikan cahaya romantis pada malam hari di taman Anda.

Menikmati keindahan taman di malam hari bakal memberikan suasana berbeda, apalagi ditambah dengan banyaknya titik lampu sehingga sorot lampu akan memberikan gambaran cahaya yang unik. Menjadikan suasana di sekitar taman menjadi indah dan aman, serta dapat memberikan penyegaran. Mewujudkan impian tentang taman yang indah bisa Anda mulai dari bentuk lampu taman yang sesuai.

“Penerangan pada taman bisa memberikan kesan yang berbeda dan akan memunculkan sisi human interest tersendiri. Contohnya saja jika meletakkan lampu di pohon,yang dapat memberikan kesan dramatis,” ujar arsitek Ari Indra.

Terdapat beberapa model lampu taman yang tentu harus disesuaikan dengan konsep taman yang telah Anda buat, baik itu model, prinsip pengerjaannya, maupun keawetan si lampu taman, mengingat lampu yang dipilih haruslah yang tahan berada dalam kondisi panas atau hujan sekali pun.

Menurut Ari, sebaiknya Anda memilih lampu taman jenis halogen karena mampu memberikan kesan dramatis. Selain itu, lampu halogen dapat memunculkan warna asli dari objek yang dikenai cahaya.Bila menggunakan lampu neon,biasanya warna asli objek tidak terlihat jelas, bahkan objek akan terlihat lebih pucat.

“Kegunaan lampu taman adalah untuk mempercantik dan menerangi taman.
Lampu taman umumnya tidak memerlukan sinar terang dan cenderung bersinar teduh,” kata Ari.

Selain jenis lampu halogen, masih terdapat jenis lampu yang juga bisa dijadikan pilihan untuk menghias taman pada malam hari, yaitu lampu spotlight. Jenis lampu ini memiliki kualitas pencahayaan yang cukup baik. Anda dapat mengarahkan lampu ini ke tanaman yang memiliki bentuk menarik. Letakkan lampu mendekati objek sehingga akan terlihat kontras pada bagian yang langsung dikenai cahaya, juga bayangan gelap dari daun dan batang yang ada di belakangnya.

“Jenis lampu ‘spotlight’ biasanya lebih cocok digunakan di taman bergaya tropis yang luas. Bisa diletakkan di bagian tengah atau samping tanaman.
Tanaman tropis yang terkesan rindang akan semakin bernilai dengan sorotan cahaya yang terlihat dramatis,” kata Ari.

Hanya, sebaiknya Anda tidak menggunakan terlalu banyak lampu “spotlight” karena bisa jadi hal tersebut dapat mengurangi fokus pada taman Anda. Selain taman, lampu jenis ini juga bisa dijadikan penghias ornamen taman, seperti patung, gentong, dan lain-lain. Yang penting, terjadi bayangan yang menarik dari pancaran cahayanya.

“Ada baiknya Anda memilih lampu pijar yang berkualitas karena lampu taman akan sering terkena hujan atau panas sehingga mudah rusak dan berumur pendek,” ujar Priandono.

Selain lampu pijar, Anda juga boleh menggunakan lampu jenis light-emitting diode (LED). Keunggulan lampu ini adalah tidak memerlukan sumber daya listrik dari PLN.
Listrik didapat dari panel sel surya dan asyiknya lagi, apabila Anda bosan dengan posisi lampu taman, si lampu bisa dengan mudah dipindahkan sesuai keinginan.

Sebagus dan semahal apa pun lampu taman Anda, tetap saja akan mudah rusak sekaligus kusam jika tidak ditata secara baik. Pencahayaan di taman sebenarnya sangat diperlukan. Anda bisa menciptakan suasana sejuk, asri, elegan, dan mewah melalui kreasi tampilan warna serta model lampu taman yang pas.

0 komentar:

Posting Komentar