Rabu, 13 Oktober 2010

PONDASI

DEFINISI PONDASI
Pondasi merupakan bagian dari suatu sistem struktur yang berfungsi untuk meneruskan beban dari struktur bagian atas kelapisan tanah bagian bawah, tampa mengakibatkan keruntuhan geser tanah dan penurunan tanah (setlement) yang berlebihan.
Jenis pondasi berdasarkan kedalaman, dapat digolongkan menjadi tiga jenis
1. Pondasi Dangkal
a. Pondasi umpak
Umpak adalah pondasi dari pasangan batukali atau pasangan batu bata untuk beton yang dipasang pad tempat dimana diatasnya ada tiang kolom. Umumnya dipakai sebagai tumpuan rumah panggun.
2. Pondasi Pasangan Batu Kali
Pondasi ini untuk rumah tidak bertingkat atau bangunan lain yang bebannya relative ringan
3. Pondasi Telapak (plat beton bertulang)
a. Platumpuan
• Pelat setempat
Pelat ini umumnya berbentuk bujur sangkar dan empat persegi panjang, yang dipasang pada titik atau tempat tertentu. Disudut-sudut ruangan. (ada kolom) dan pada kolom-kolom pada dinding yang memanjang.
• Pelat menerus terdiri dari :
1. Menerus satu arah (melintang atau memanjang arah bangunan)
2. Menerus dua arah (melintang dan memanjang arah bangunan)
Dipasang apa bila pelat menerus satu arah tidak memenuhi daya dukung yang diharapkan, sehingga harus dipasang dua arah. Tentunya tetap memperhatikan keamanan dari segi teknis, ekonomi dan work ability.
b. Plat penuh antara lain:
• Pondasi rakit
Pondasi rakit adalah berupa plat beton bertulang yang luas, berfungsi untuk mengantari dari satu kolom atau beberapa kolom dengan tanah dasar . Pondasi ini dapat menopang gedunug bertingkat banyak, tendon air minyak , mesin, peralatan industri, dan bangunan berat lainnya. Terutama memiliki luasan besar.
Jenis jenis pondasi rakitan lazim, (a) plat rata, (b) pelat yang telapak ada dibawah kolom, (c) balok dan plat, (d) plat dengan kaki tiang, (e) dinding ruang bangunan bawah tanah sebagai bagian pondasi telapak.
• Pondasi sarang laba-laba
Merupakan pengem bangan dari pondasi rakit yang bagian bawah plat beton monolit diperkuat dengan balok rib atau pengaku kearah bawah, pemasangan balok rib kearah memanjang , melintang dan arah dia gonal.
• Pondasi cakar ayam
Element utama adalah plat beton seperti pondasi rakit maupun pondasi sarang laba-laba. Sebagai pengaku sekaligus penahan daya dukung, bagia bawah plat secara monolit dipasang pipa beton bertulang posisi berdiri. Besarnya diameter pipa beton, ketebalan danserta dalamnya tergantaung yang dipikul dan kondisi tanah (melalui proses perhitungan). Serta dilakukan perbaikan tanah.
c. Pondasi Kombinasi
Pondasi ini dimaksudkan untuk efisiensi serta workability tidak meninggalkan dari teknis atau perhitungan. Variasi kombinasi tergantung kreativitas perencana, kebutuhan konstruksi serta efisien , sebagai contoh:
• Pelat setempat dengan pasangan batu kali
• Plat setempat , plat menerus, dengan pondasi rakit.
Kombinasi sesama jenis pondasi plat masih lazim digunakan mengingat fungsinya struktur atasnya yang berbeda serta kondisi tanah yang berbeda pula. Walaupun masih dalam luasan satu denah bangunan.
• Alas an mengunakanpondasidalam, karna kegahalan daya dukung tanah pada pondasi dangkal yang menerima beban besar, walau ukuran dasar pondasi diperbesar, sehingga alternative terbaik dan aman adalah menggunakan pondasi dalam. Pondasi dalam mampu meneransfer beban besar dari struktur bangunan kelapisan tanah yang dalam sehingga dapat dicapai daya dukung yang lebih besar (termasuk gaya angkat akidat tingginya muka air tanah maupun pengaruh gaya gempa).
1. Pondasi tiang pancang
Tiang pancang mempunyai keuntungan dari segi waktu karna dapat dimaksimalkan dengan cepat, kualitas lebih terkontrol

0 komentar:

Poskan Komentar